Klub Sepak Bola Asli Jogja

23 Aug

Inilah klub-klub sepak bola asli Jogja yang ternyata memiliki lebih dari lima klub sepak bola. Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki empat kabupaten dan satu kotamadya. Idealnya, tiap kabupaten/kotamadya memiliki satu klub sepak bola yang terdaftar dalam PSSI. Ternyata Yogyakarta memiliki sekitar delapan klub sepak bola dengan tiga klub yang menonjol yakni PSIM Yogyakarta, PSS Sleman, dan Persiba Bantul.

1)     PSS Sleman

Kabupaten Sleman memiliki klub kebanggaannya, yakni PSS Sleman. Bermarkas di Stadion Maguwoharjo yang berkapasitas 30 ribu penonton, PSS berdiri pada tahun 20 Mei 1976 dan memiliki julukan Super Elja (Super Elang Jawa) atau Laskar Sembada. Corak warna hijau menjadi ciri khas dari klub ini. Para pendukung PSS menyebut diri mereka sebagai Slemania. PSS sekarang berada di Divisi Utama Liga Indonesia, divisi dengan satu tingkat dibawah divisi tertinggi liga Indonesia (Liga Super Indonesia). Prestasi terbaik Super Elja adalah pada tahun 2003 dan 2004 dengan menduduki posisi 4 klasemen akhir divisi teratas Liga Indonesia di 2 musim berturut-turut.

Skuad Legendaris PSS

2)     PSIM Yogyakarta

Dari Kotamadya Yogyakarta, ada PSIM (Persatuan Sepak Bola Indonesia Mataram) Yogyakarta yang terkenal dengan warna biru lautnya dan suporter fanatiknya, Brajamusti (Brayat Jogja Mataram Utama Sejati). PSIM merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Indonesia, berdiri 5 September 1929, dan ikut mendirikan induk organisasi sepak bola Indonesia, PSSI. Mandala Krida adalah kandang dari tim berjuluk Laskar Mataram ini dengan kapasitas 15 ribu penonton. Laskar Mataram juga pernah menjadi juara kompetisi perserikatan pada tahun 1932. Kini PSIM, bersama dengan saudara mudanya, PSS, masih nangkring di Divisi Utama Liga Indonesia. Pertemuan derby antara PSIM dan PSS seringkali menimbulkan kerusuhan.

PSIM Juara 1932

3)     Persiba Bantul

Sementara di wilayah selatan DIY, Kabupaten Bantul, memiliki Persiba Bantul. Masyarakat Bantul boleh berbangga hati terhadap klub kesayangannya ini, karena prestasinya baru-baru ini. Musim lalu (2010/2011), tim berjuluk Laskar Sultan Agung ini berhasil menjuarai Divisi Utama Liga Indonesia dan berhak promosi ke Liga Super Indonesia. Persiba berdiri pada 21 September 1967 dan berkandang di Stadion Sultan Agung yang berkapasitas ribu orang. Tim dengan warna merah ini memiliki suporter bernama Paserbumi (Pasukan Suporter Bantul Militan).

Persiba Lolos ke ISL

4)     Persikup Kulon Progo

Di kulon (timur) DIY, ada Kabupaten Kulon Progo dengan klubnya, Persikup Kulon Progo. Pendekar Bukit Menoreh, sebutannya, bermarkas di Stadion Cangkring, Wates yang berkapasitas 7 ribu penonton. Berkostum merah-hitam, Persikup masih terpuruk di Divisi III Liga Indonesia wilayah Yogyakarta.

5)     Persig Gunung Kidul

Jangan lupakan Gunung Kidul. Kabupaten yang terkenal dengan bukit karstnya dan pantainya yang indah itu memiliki klub sepakbola yakni Persig Gunung Kidul. Persig bermarkas di Gelora Handayani, Wonosari. Persig sekarang berada di Divisi III Liga Indonesia wilayah Yogyakarta.

6)     Lainnya

Selain Persig, Kabupaten Gunung Kidul mempunyai klub yang bernama Gelora Handayani Gunung Kidul. Ada pula klub dari Kotamadya Yogyakarta yaitu Tunas Jogja. Gelora Handayani dan Tunas Jogja berlaga di Kompetisi Divisi III PSSI seperti halnya Persig dan Persikup. Selain itu, Persiba Bantul juga memiliki “adik kandung” bernama Protaba (Projo Tamansari Bantul), yang bermain di Divisi II PSSI.

7)     Real Mataram

Di luar klub-klub yang terdaftar  di PSSI terdapat klub Real Mataram FC yang bermain di Liga Primer Indonesia. Berita terkini menyebutkan bahwa Real Mataram akan merger dengan PSS Sleman untuk menyambut kompetisi liga sepak bola profesional musim depan yang sedang diproses formatnya oleh PSSI.

Real Mataram FC

Keberadaan klub-klub sepak bola di Propinsi DIY dengan sejarah dan kebesarannya, membuat masyarakat Jogja bisa berbangga hati bahwa mereka memiliki tradisi sepak bola yang kuat. Semoga di tahun-tahun mendatang, klub sepak bola asal Jogja mampu berbicara banyak di pentas nasional sehingga mampu memajukan persepakbolaan tanah air yang masih terpuruk.

One Response to “Klub Sepak Bola Asli Jogja”

  1. Guruh May 18, 2013 at 1:13 pm #

    Ayo kita bangun Persikup dan persepakbolaan+olahraga KP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: